Menu Close

Agar Hemat Biaya Saat Bangun Rumah Untuk Keluarga

Hemat Biaya Saat Bangun Rumah

Mempunyai dana yang terbatas saat sedang bangun rumah tentunya harus anda waspadai, gunakan skala prioritas karena kemungkinan besar tidak semua keinginan Anda dapat terpenuhi. Pikirkan baik-baik bagian mana yang bisa Anda kurangi. Sebagai contoh misalkah anda menginginkan cat interior rumah Anda menggunakan merk dengan harga jutaan rupiah dan bisa diganti dengan merk lain yang harganya jauh lebih murah namun memiliki kualitas sama baik.

Begitu juga pada pekerjaan finishing lantai. Gunakan keramik lantai atau homogenous tile daripada Anda membuang budget besar dengan menggunakan granit atau marmer.

Untuk penutup atap, sudah umum penggunaan genteng beton flat untuk meminimalisasi biaya, dibanding Anda menggunakan genteng keramik. Dari beberapa pekerjaan ini saja Anda sudah dapat menghemat sampai puluhan juta rupiah.

Agar Anda lebih bisa menghemat biaya bangun rumah, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Denah rumah 

Memiliki ruangan yang komplit di rumah adalah impian semua pemilik rumah. Namun demikian, bila dana Anda terbatas, cobalah untuk membuat denah rumah yang serba guna. Contohnya adalah ruang makan yang bisa Anda gabung dengan dapur. Ruang tamu dengan teras. Ruang keluarga dengan ruang belajar. Dll. Dengan Anda menggabungkan fungsi ruangan, Anda dapat menghemat biaya karena tidak perlu membuat ruang baru.

Minimalisasi sekat antar ruangan

Anda juga dapat membuat interior rumah Anda minim sekatan. Kurangi dinding atau partisi karena dapat membuat biaya bangun menjadi tambah mahal.

Atur ketinggian plafon secukupnya

Ruang vertikal juga mempengaruhi biaya bangun. Semakin tinggi plafon rumah, semakin mahal biaya bangunnya.

Konsep minimalis

Konsep rumah minimalis menjadi salah satu alternatif menekan biaya. Selain proses pembangunannya bisa lebih cepat, penggunaan material pun dapat lebiih hemat.

Selektif dalam memilih material bangunan

Kurangi material bangunan yang dianggap kurang memberikan dampak signifikan pada bangunan rumah Anda. Prioritaskan material dengan harga lebih murah tanpa mengurangi kualitas bangunan.

Bangun secara bertahap

Karena biaya material dan jasa bangun rumah akan semakin mahal, sebaiknya Anda mempertimbangkan membangun secara bertahap. Misal untuk beberapa bagian ruangan yang utama didahulukan, sedangkan ruangan lain seperti gudang, ruang hobi, kolam renang, dan sejenisnya, bisa dibangun setelah bagian utama rumah selesai.

Related Posts